15 Maret 2014

Warga Pekanbaru Ramai-ramai Tebarkan Garam Dirumah untuk Pancing Hujan

Pekanbaru, Zamrudtv -- Warga kota Pekanbaru ramai-ramai tebarkan garam diember yang berisi air dan melemparkan garam keatap rumah, untuk memancing hujan agar turun di daerah mereka. Hal ini dilakukan karena sedikitnya bisa membantu tim satgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang tidak bisa menyemai garam, karena kabut asap tebal dan pekat sehingga pesawat cassa tidak terbang.

Salah seorang warga Nasrul bersama keluarganya di jalan nilam pasar pusat mengeluarkan semua ember yang berisi air dan meletakkannya di depan rumah, lalu mengisi semua ember tersebut dengan garam, tidak hanya itu, Nasrul juga melemparkan garam ke atap rumah.

Menurut Nasrul dengan menjemur air yang berisi garam ini dan melemparkannnya ke atap rumah akan terjadi proses kimia yang membuat hujan turun. Karena kabut asap yang melanda Pekanbaru sudah semakin parah.

Proses memancing hujan ini yang dilakukan oleh warga pekanbaru dengan menjemur air garam dan menebarkan garam ke atap, setidaknya ini bisa membantu agar hujan turun. Pasalnya sejak tiga hari terakhir tim satgas penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan tidak bisa menyemai garam ke udara, karena tebalnya kabut asap menyelimuti kawasan Bandara, sehingga pesawat cassa yang akan terbang memebawa garam, tidak bisa take off atau landing. (Del/zamrudtv.com)