29 April 2014

BNPB Habiskan Rp500 Miliar Untuk Penanggulangan Kabut Asap Riau

Pekanbaru, Zamrudtv -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghabiskan dana sekitar Rp500 miliar untuk penanggulangan kabut asap di Riau. Dana itu terbanyak digunakan untuk penyewaan pesawat pemadaman dan pembuatan hujan buatan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin (28/4) menyebutkan, dana untuk Riau itu hampir sepertiga anggaran dana siap pakai milik BNPB yang dianggarkan pada tahun 2014 sebesar Rp1,5 triliun.

"Dana Rp1,5 triliun itu dicadangkan untuk penanggulangan bencana di seluruh Indonesia pada tahun 2014. Namun untuk penanggulangan kabut asap Riau saja pada bulan Maret sudah habis sepertiganya," ujar Sutopo.

Dana terbesar, kata Sutopo digunakan untuk penyewaan sejumlah heli seperti Sikorsky dan Camov yang didatangkan dari luar negeri untuk melakukan bom air.

Walau tanggap darurat sudah selesai, BNPB masih menyewa sejumlah pesawat untuk penyemaian hujan buatan. Pasalnya, dalam info BMKG, pada bulan Mei ini di prediksi provinsi Riau bakal masuk musim kemarau. Kondisi ini bakal memancing kebakaran hutan dan lahan kembali. (tim/zamrudtv.com)